Karimunjawa Kita Tour - Paket Wisata Karimun Jawa

Karimunjawa Kita Tour - Paket Wisata Karimun Jawa Murah

Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Pelabuhan Tanjung Emas berada di daerah pesisir utara jawa, dan berada disebelah utara kawasan kota Semarang. Pelabuhan yang letaknya langsung menghadap ke laut jawa ini merupakan jantung utama pusat perekonomian dan pengiriman barang via ekspedisi laut di Semarang khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya. Pelabuhan Tanjung Mas mempunyai sejarah panjang yang berhubungan dengan urutan sejarah panjang Kota Semarang.

pelabuhan tanjung emas semarang
tanjung emas

Pelabuhan tanjung mas atau pelabuhan semarang ini diresmikan oleh pemerintah pada tahun 1985. Merupakan pintu masuk utama barang ekspor dan impor dari dan ke Semarang serta Jawa Tengah. Tidak heran jika sekarang ini banyak perusahaan besar sengaja membangun pabriknya di kawasan pelabuhan guna mempermudah jalur akses ekspor dan impor.

Sejarah Pelabuhan Tanjung Mas Semarang

Sejarah tentang berkembangnya kota semarang tidak lepas dari keberadaan pelabuhan tanjung mas. Sejak jaman kerajaan Mataram, Pelabuhan Semarang adalah merupakan tempat berlabuhnya banyak kapal dagang yang datang dari berbagai daerah di dunia. Semarang saat itu merupakan kota kecil dengan penduduk yang belum terlalu banyak, tapi mempunyai pantai yang strategis sehingga banyak dikunjungi oleh kapal-kapal dari negara lain. Pada saat itu, semarang mempunyai kali yang cukup lebar sehingga bisa digunakan untuk mengangkut barang-barang dengan perahu kecil dari kota menuju ke kapal2 besar yang berlabuh jauh dilepas pantai dan sebaliknya. Pelabuhan Tanjung Mas pun lama kelamaan menjadi urat nadi perdagangan untuk kemajuan ekonomi di semarang.

Pelabuhan Tanjung Emas Semarang diperkirakan dibangun pada permulaan abad ke-19 terbukti dengan angka yang tertulis 1874 yang tertera pada Menara Suar. Setelah pembangunan pelabuhan selesai, perdagangan dipelabuhan di Semarang meningkat sangat pesat. Sehingga pada tahun 1925, pelabuhan ini menduduki peringkat ke 3 dalam hal kegiatan bongkar muat setelah Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Tanjung Perak Surabaya. Meskipun dengan adanya resiko Rob, serta ketinggian air laut yang sewaktu waktu bisa naik tanpa diprediksi, namun dengan perhitungan cost dan efektifitas pengiriman barang, maka masih banyak perusahaan yang tetap membangun manufakturnya disini guna menghemat biaya produksi perusahaan.

Tanjung Emas sebagai salah satu Pelabuhan container Indonesia

Seiring meningkatya kegiatan operasional, maka pada tahun 1963 pelabuhan tanjung mas dibangun menjadi Pelabuhan Coaster atau Pelabuhan Nusantara yang dapat menampung kapal-kapal berukuran +2.000 DWT. Menurut data tahun 1970 sampai 1983, kenaikan arus barang rata-rata tiap tahun naik sebesar 10% sehingga memaksa pemerintah untuk mengembangkan Pelabuhan Tanjung Mas Semarang sebagai salah satu pelabuhan container di Indonesia.

Pelabuhan Tanjung Mas Pintu Masuk Kepulauan Karimunjawa

Kalau anda berniat ke Karimunjawa melalui semarang, anda bisa mencobanya via pelabuhan tanjung mas. Saat anda memasuki kawasan pelabuhan Tanjung Emas anda akan menemui 2 gerbang utama. Kalau Anda dari arah Jakarta via Jl RE Martadinata, ikuti saja petunjuk plang hijau ke arah pelabuhan tanjung emas dan nanti Anda akan bertemu dengan gerbang parkir masuk ke pelabuhan. Disana anda bisa melihat banyak kapal penyeberangan antar pulau yang dioperatori oleh ASDP. Setelah sampai langsung saja datang ke loket, atau tanya aja ke kantor Syahbandar yang ada disitu untuk rute dan jadwal kapal ke karimunjawa.

HUBUNGI KAMI

Untuk detail informasi Paket Wisata KarimunjawaKlik Nomor Whatsapp ADMIN di bawah ini, agar kami bisa langsung meresponnya

ADMIN 1 ADMIN 2
News Update

    Rekening Karimunjawa kita

    Office Karimunjawa Kita

    Alamat Kantor:
    KARIMUN JAWA KITA TOUR
    JL. KH. Wahid Hasyim
    Gg. Sentra Relief Ukir
    Senenan Jepara

    Email :
    info@karimunjawakita.com

    Facebook Karimunjawa Kita