Karimunjawa Kita Tour - Paket Wisata Karimun Jawa

Karimunjawa Kita Tour - Paket Wisata Karimun Jawa Murah

Beberapa Fakta Tentang Kepulauan Karimun Jawa

gapura pulau karimunjawa
gapura karimunjawa

Fakta Tentang Pulau Karimunjawa ~ Apakah Anda sudah tak sabar ingin menikmati keindahan Kepulauan Karimun Jawa yang ada di Jepara Jawa Tengah? Sebelum Anda berlibur, sebaiknya Anda membaca dulu beberapa fakta tentang Kepulauan KarimunJawa di bawah ini.

  • Gugusan Pulau Yang Jumlahnya Mencapai 27 Pulau

peta kepulauan karimunjawa
peta karimunjawa
   Kepulauan Karimunjawa yang terletak di sebelah utara pulau jawa ini mempunyai total jumlah pulau sebanyak 27, pulau-pulau ini sebagian ada yang berpenghuni tapi lebih banyak yang tidak berpenghuni. Pulau yang paling banyak dihuni manusia ialah pulau Karimun Jawa. Di pulau yang paling besar diantara pulau lainnya ini dihuni oleh beberapa suku yang ada di Indonesia, seperti suku jawa, suku madura, dan suku bugis. Mereka mendiami pulau ini sudah cukup lama, sebagian besar dari mereka adalah para pendatang yang bekerja sebagai nelayan kemudian tinggal dan menetap di pulau Karimunjawa.
  • Butuh Waktu Lama Untuk Menikmati Secara Lengkap kepulauan Karimun Jawa
wisatawan pulau karimunjawa
wisatawan karimunjawa
wahana hiu karimunjawa
wahana hiu
   Untuk dapat menikmati Karimun Jawa lebih baik mengambil trip yang 4 hari 3 malam, karena KarimunJawa mempunyai keindahan wisata di darat dan laut. Dengan mengambil Paket Karimunjawa 4 hari 3 malam diharapkan Anda dapat melihat keindahan secara lengkap dari sisi barat sampai ke bagian timur pulau ini, sehingga semuanya bisa terjelajahi. Objek wisata di Karimun Jawa siap Anda eksplorasi, karena memberikan suguhan keindahan yang berbeda dari tempat lain. Pasir putih halus yang menghampar luas serta keindahan bahari bawah lautnya, tentu bisa menjadi pilihan utama Anda dalam memilih Karimun Jawa sebagai tempat berlibur. Tak hanya dapat menikmati keindahan laut, daratan yang ada di pulau Karimun Jawa pun menyimpan keindahan yang tak terkira.

mangrove pulau karimunjawa  gapura mangrove karimunjawa  jembatan mangrove karimunjawa
  • Hutan Mangrove Karimun Jawa
   Di darat pulau Karimunjawa, terdapat obyek wisata yang cukup indah. Obyek wisata ini menyajikan keindahan pemandangan alam yaitu melihat hutan. Hutan mangrove atau disebut juga hutan adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak pada garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini biasanya tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk pantai yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai, di mana di tempat seperti ini air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu. Wisatawan yang berkunjung di Karimunjawa, dapat hutan mangrove dengan berjalan kaki yang panjangnya mencapai 1,3 kilometer. Untuk menikmati tempat ini, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengoleskan lotion anti nyamuk karena tempatnya yang berawa-rawa sehingga banyak sekali nyamuk yang berkembang biak di tempat ini.

makam sunan nyamplungan 1 karimunjawa  komplek makam sunan nyamplungan karimunjawa  makam sunan nyamplungan 2 karimunjawa
  • Makam Sunan Nyamplungan
   Bagi penyuka wisata religi, di pulau KarimunJawa terdapat makam Sunan Nyamplungan, yaitu salah seorang sunan penyebar agama Islam di sekitar pulau Karimunjawa. Sunan Nyamplungan memiliki nama asli Amir Hasan, Beliau adalah anak dari Sunan Muria (salah satu wali 9). Sunan Nyamplungan merupakan salah satu tokoh penting di Karimun Jawa karena jasa-jasanya dalam menyebarkan agama Islam.
kapal KMC kartini 1 jurusan karimunjawa
kapal KMC kartini 1
kapal express bahari jurusan karimunjawa
kapal express bahari
   Transportasi yang paling umum digunakan ke pulau Karimunjawa adalah melalui jalur laut. Kapal-kapal laut biasa beroperasi dari Pelabuha Tanjung Emas Semarang dan Pelabuhan Kartini Jepara. Dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, terdapat KMC Kartini I yaitu kapal motor cepat yang berangkat setiap hari Sabtu dan kembali dari Karimunjawa setiap hari Minggu. Waktu tempuh normal KMC Kartini I ialah kurang lebih 3 jam. Sedangkan dari Pelabuhan Kartini Jepara terdapat 3 kapal penyebrangan umum, yaitu kapal cepat Express Bahari Cantika, kapal cepat Express 2C dan kapal fery KMP Muria. Kapal cepat dari Pelabuhan Kartini waktu tempuhnya sekitar 2 jam, sedangkan KMP Muria memerlukan waktu +/- 6 jam pelayaran. Perlu diperhatikan bahwa untuk jadwal kapal KMP MURIA dari pelabuhan Jepara tujuan Karimunjawa biasanya berangkat setiap hari selasa, rabu, dan sabtu. Sedangkan untuk kapal cepatnya berangkat setiap hari senin, selasa, jumat, dan sabtu. Jadwal ini bisa berubah sesuai dengan cuaca atau ketinggian ombak di laut jawa. Seandainya terjadi gelombang tinggi maka pihak perhubungan di pelabuhan tidak akan memberikan izin berlayar, dan jadwal keberangkatan kapal akan berubah mengikuti perubahan cuaca. Khusus untuk KMP Muria dari Pelabuhan jepara, bisa untuk mengangkut mobil dan motor untuk diseberangkan ke Karimunjawa.

bandara dewandaru karimunjawa  jalur pesawat bandara dewandaru karimunjawa
  • Bandara Dewandaru Karimunjawa
   Perlu diketahui bahwa di pulau Karimunjawa terdapat sebuah bandara, yakni bandara Dewandaru. Jika Anda menginginkan Jalur udara, maka dapat ditempuh dari Bandara Ahmad Yani Semarang menuju Bandar Udara Dewa Daru di Pulau Kemujan. Armada pesawat yang menuju ke kepulauan Karimunjawa biasanya menggunakan pesawat sewa jenis CASSA 212 yang disediakan oleh PT. Wisata Laut Nusa Permai (Kura-Kura Resort). Lama perjalanan dengan pesawat memerlukan waktu kurang lebih 30 menit dari bandara Ahmad Yani Semarang.

ular edor khas karimunjawa  dermaga pulau tengah karimunjawa  pemandangan pulau cemara kecil karimunjawa
  • Gunung Karimun Jawa
  Di tengah pulau Karimunjawa terdapat gunung yang tidak terlalu tinggi. Di gunung ini terdapat hutan hujan tropis yang merupakan habitat rusa, burung, monyet ekor panjang, dan berbagai jenis hewan lainnya. Pohon Dewadaru yang merupakan pohon khas Karimunjawa tumbuh subur di hutan ini. Namun Anda harus ekstra hati-hati atau berfikir 2 kali jika ingin mendaki gunung ini. Karena di gunung Karimunjawa banyak sekali terdapat ular yang sangat berbisa, penduduk Karimunjawa biasa menyebutnya dengan sebutan ular Edor. Menurut para peneliti, ular edor termasuk dalam keluarga ular derik yang mempunyai bisa sangat mematikan. Nah, apakah Anda berani mencoba?

obyek wisata karimunjawa  pemandangan pulau tengah karimunjawa  sunset pantai tanjung gelam karimunjawa
  • Karimun Jawa National Park
  Karimun Jawa National Park atau Taman Nasional Karimunjawa merupakan gugusan kepulauan yang berjumlah 22 pulau dan mempunyai luas sekitar 111.625 Ha. Sebelum menjadi Taman Nasional Karimunjawa, dulunya ditetapkan sebagai Cagar Alam Laut melalui SK Menhut No.123/Kpts-II/1986 kemudian pada tahun 1999, melalui Keputusan Menhutbun No.78/Kpts-II/1999. Cagar Alam Karimunjawa dan perairan sekitarnya seluas kurang lebih 111.625 Ha diubah menjadi Taman Nasional dengan nama Taman Nasional Karimunjawa. Tahun 2001 sebagian luas kawasan Taman Nasional Karimunjawa seluas 110.117,30 Ha ditetapkan sebagai Kawasan Pelestarian Alam Perairan dengan Keputusan Menhut No.74/Kpts-II/2001.

Saat ini Taman Nasional Karimunjawa dikelola oleh Balai Taman Nasional Karimunjawa dengan tugas utama melaksanakan pengelolaan ekosistem kawasan Taman Nasional Karimunjawa dalam rangka konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku. Dalam pengelolaan terdapat banyak tantangan untuk memadukan konservasi dan pembangunan ekonomi yang memerlukan dukungan seluruh pihak.
  • Waktu Terbaik ke Karimun Jawa Agar Tidak Terjebak Cuaca Buruk
prakiraan cuaca angin dan ombak karimunjawa Banyak sekali wisatawan yang takut dan berpikir dua kali jika berlibur ke karimunjawa. Mereka biasanya beralasan karena cuaca di laut jawa yang sering tidak tentu yang mengakibatkan kapal sering batal berangkat. Tidak sedikit juga para wisatawan itu enggan balik dikarenakan pernah terperangkap di pulau karimunjawa karena cuaca buruk. Hal inilah sebenarnya yang masih menjadi PR besar bagi Pemda terkait untuk memperbarui alat transportasi yang sering menjadi kendala jika terjadi gelombang tinggi. Andai saja Pemerintah mau berupaya maksimal sehingga para wisatawan dapat menikmati keindahan Pulau Karimun Jawa tanpa takut harus merasakan terdampar di pulau ini. Menurut kami sebagai agen tour paket wisata karimunjawa, saat yang tepat untuk berlibur ke Pulau Karimun Jawa adalah pada bulan Maret hingga pertengahan bulan Agustus dan pertengahan september hingga akhir Desember. Pada bulan-bulan itu biasanya gelombang di laut Jawa cukup tenang, sehingga pelayaran ke Karimunjawa biasanya normal sesuai jadwal. Untuk mendapatkan info tentang cuaca di laut Jawa, wisatawan bisa memantau kondisi dan perkembangan cuaca terbaru melalui website resmi Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah.

Itulah Beberapa Fakta Tentang Kepulauan Karimun Jawa, Semoga bisa membantu liburan Anda.

tag: karimunjawa karimun jawa paket karimunjawa paket murah karimunjawa karimunjawa tour travel karimunjawa backpacker hotel karimunjawa homestay karimunjawa paket honeymoon karimunjawa karimunjava islands karimunjawa trip kepulauan karimunjawa jepara indonesia
News Update

    Rekening Karimunjawa kita

    Office Karimunjawa Kita

    Alamat Kantor:
    KARIMUN JAWA KITA TOUR
    JL. KH. Wahid Hasyim
    Gg. Sentra Relief Ukir
    Senenan Jepara

    Email :
    info@karimunjawakita.com

    Followers

    Facebook Karimunjawa Kita